5 Alumni Universitas Bengkulu Raih Beasiswa S2 MCUT Taiwan

IMG_3813

Setelah melalui sejumlah tes yang dilaksanakan pada bulan Februari lalu di Universitas Bengkulu. Empat alumni Universitas Bengkulu dinyatakan lulus untuk melanjutkan studi S2 di Ming Chi University of Technology di Taiwan. Kelima Alumni tersebut adalah Aji Pemungkas Trinurcahyo, ST., Dimas Trio Putro, ST., Heru Syah Putra, S. Kom., Rispandi, ST., dan Mukti Trio Putra, SE.

Kepala UPT Kerja Sama dan Layanan Internasional Unib, Dr. Eng. Dedi Suryadi, S.T., M.T. menjelaskan bahwa Dimas Trio Putro dan Rispandi diterima di program master Mechanical and Electro-Mechanical Engineering, kemudian Aji Pamungkas Trinurcahyo dan Heru Syah Putra diterima di program master Electronic Engineering. Sedangkan untuk Mukti Trio Putra diterima di program master Business Administration.

Kelima alumni Unib ini juga menambah daftar alumni Unib yang telah mendapatkan beasiswa serupa dari Ming Chi University. Sebelumnya pada tahun 2019 lalu dua alumni Unib juga telah memperoleh beasiswa yang sama, mereka adalah Haryanto dan Rika Permata Sari. “tahun ini ada 18 Mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa ini dan Lima alumni Unib berhasil merebutnya” ungkap Kepala UPT KSLI.

Salah satu penerima beasiswa, Mukti Trio Putra ketika dihubungi UPT KSLI mengatakan, “saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya kepada Universitas Bengkulu yang telah membuka peluang ini kepada saya. Karena melalui program student mobility program dari KSLI saya jadi tahu informasi program ini”. Mukti sendiri merupakan alumni Student Mobility Program tahun 2018 lalu. Ia bersama Rika Permata Sari melaksanakan short term study selama dua minggu di MCUT. Menurutnya melalui program itulah ia menjadi percaya diri untuk ikut seleksi S2 di MCUT.

Program Beasiswa S2 Ming Chi University of Technology (MCUT) sendiri merupakan hasil kerja sama antara Universitas Bengkulu dan MCUT yang telah dimulai sejak tahun 2017 silam. Selain Beasiswa S2 bagi alumni Unib ini ada juga Program fast track 3+2 yang sebentar lagi juga akan diumumkan oleh MCUT. Program 3+2 ini merupakan program percepatan penyelesaian studi S1 dan S2 secara langsung.

Mahasiswa Unib yang lolos seleksi program ini akan menyelesaikan perkuliahan selama 3 tahun di Unib, kemudian selama satu tahun mengambil beberapa mata kuliah serta melakukan penelitian di Taiwan, dan kembali ke Unib untuk mendapatkan gelar S1 dari Universitas Bengkulu kemudian melanjutkan studi berikutnya di MCUT selama satu tahun dan memperoleh gelar S2 disana. Mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapatkan dua gelar yakni S1 dari Unib dan S2 dari MCUT. (KSLI)