Implementasi Kampus Merdeka, UNIB dan MCUT adakan Artificial Intelligence Online Workshop

MASTER

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja tetapi juga dengan masa depan yang berubah dengan cepat. Oleh karena itu Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan sebagaimana tujuan dari kebijakan Kampus Merdeka.

Dalam upaya menjawab tuntutan itu, Universitas Bengkulu melalui Unit Pelaksana Teknis Kerja sama dan Layanan Internasional (UPT KSLI) bergerak cepat mengimplementasikan kebijakan kampus merdeka dengan memfasilitasi mahasiswa untuk dapat mengambil mata kuliah di kampus mitra di luar negeri. Kolaborasi Universitas Bengkulu bersama Ming Chi University of Technology, Taiwan telah membuka kesempatan bagi 25 orang Mahasiswa dari Fakultas Teknik untuk mengambil mata kuliah secara daring bersama Ming Chi University of Technology, Taiwan selama satu semester.

Kepala UPT KSLI, Dr. Eng. Dedi Suryadi, ST., MT. mengatakan “25 orang mahasiswa yang yang mengikuti Artificial Intelligence Online Workshop ini berasal dari tiga program studi yang ada di Fakultas Teknik, yaitu prodi Informatika, Teknik elektro dan Teknik Mesin. Mereka telah melewati tahap seleksi yang sudah dilaksanakan di fakultas Teknik. Mereka akan mengikuti kelas secara daring yang materinya diisi oleh lima dosen dari MCUT dan empat dosen dari Unib, selama delapan belas kali pertemuan dan setara 4 SKS. Untuk jadwal perkuliahan, akan kita mulai tanggal 13 Oktober ini”.

Lebih lanjut, Kepala UPT KLSI menjelaskan, bahwa pelaksanaan perkuliahan serupa juga akan dilaksanakan di fakultas Ekonomi dan Bisnis, karena implementasi kerja sama dengan MCUT baru bisa mencakup dua fakultas ini. Namun Universitas Bengkulu pastinya segera mempersiapkan perkuliahan serupa untuk dilaksanakan diseluruh fakultas. Bukan hanya dengan MCUT saja tetapi dengan seluruh mitra Unib. Sebagaimana selama ini kita mengirim mahasiswa ke kampus-kampus mitra kita di Luar Negeri melalui student mobility program.

q

w

Sejauh ini, persiapan yang dilakukan oleh UPT KSLI dan Fakultas Teknik telah selesai 100%. Universitas Bengkulu dan Ming Chi University juga telah beberapa kali melakukan diskusi mengenai kesiapan kedua belah pihak. Kemarin, Selasa (29/10), kedua belah pihak juga melaksanakan pertemuan guna melakukan koordinasi terkait jadwal perkuliahan dan dosen-dosen yang akan mengisi perkuliahan.

Berdasarkah hasil pertemuan, perkuliahan ini akan diisi oleh lima dosen dari MCUT dan lima orang dosen dari Unib dan berikut daftar Dosen yang mengisi Artificial Intelligence Online Workshop.

No Nama Universitas
1 Prof. C.-S. (Vince) Tsou, Ph.D MCUT
2 Prof. M.-J. Youh, Ph.D MCUT
3 Asst. Prof. C.-J. Chang, Ph.D MCUT
4 Asst.Prof. Y.-H. Lun, Ph.D MCUT
5 Asst.Prof. J.-W. Liou, Ph.D MCUT
6 Hendy Sentosa, Ph.D UNIB
7 Arie Vatresia, Ph.D UNIB
8 Novalio Dharata, Ph.D UNIB
9 Ruvita Faurina, M.Kom UNIB

Kerja sama Universitas Bengkulu dengan Ming Chi University sebelumnya juga telah menyelenggarakan program 3+2 dan beasiswa S2 di Ming Chi University, namun untuk pelaksanaan program 3+2 tahun 2020 terpaksa ditunda hingga pandemi covid-19 berakhir. Kedepannya Unib akan terus membangun Kerja sama dengan mitra-mitra Unib guna mengimplementasikan semangat “Kampus Merdeka” dengan mempersiapkan program-program perkuliahan diluar kampus, baik itu dengan Perguruan Tinggi maupun dengan Lembaga dan perusahaan yang bermitra dengan Universitas Bengkulu. (ksli)