“Lesson Learnt from Destructive Earthquakes”

By 6 September 2018 Berita UNIB No Comments

Kuliah Umum Bersama Prof. Junji Kiyono dari Universitas Kiyoto Jepang

Oleh : Velia Paranta

IMG_8580Kuliah Umum dengan tema Recent Earthquakes and Tsunami in Japan oleh Profesor Junji Kiyono diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Sipil dan Jurusan Fisika FMIPA Universitas Bengkulu  pada Kamis (06/09/18) bertempat di Ruang Auditorium gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu.

Prof. Junji Kiyono menceritakan bagaimana kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi yang terjadi di Jepang beserta penanggulangannya. Lebih jauh professor yang pernah mendapat penghargaan tentang gempa bumi ini menceritakan bagaimana bencana tsunami menghantam kawasan pesisir pantai yang mengakibatkan kerusakan infrastruktur yang terjadi di beberapa kota di Jepang melalui tayangan rekaman CCTV dalam slide-nya.

Prof. Junji Kiyono memperoleh penghargaan dari Institute of Social Safety Science melalui jurnalnya yang berjudul “Earthquake-Induced Train Accident and Its Casualty Occurrence Mechanism” di tahun 2004. Kemudian di tahun yang sama, beliau juga mendapatkan penghargaan dari Japan Society for Natural Disaster Science melalui jurnal yang berjudul “Estimation of Seismic Intensity Distribution based on Optimum Arrangement of Seismographs”.

Lindung Zalbuin Mase, ST., M.Eng., Ph.D selaku moderator dalam kuliah umum tersebut mengatakan, Kedatangan pakar gempa ini selain mengisi kuliah umum di Universitas Bengkulu juga dalam rangka sosialisasi mitigasi gempa bagi siswa Sekolah Dasar di Provinsi Bengkulu. Prof. Junji Kiyono juga membawa 4 mahasiswanya dari Kiyoto University untuk terlibat dalam agenda beliau selama di Bengkulu.