News flash kegiatan kerja sama internasional UNIB tahun 2018

Sepanjang 2018 beberapa kerja sama internasional yang diinisiasi dan dikembangkan UNIB antara lain:

1. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan pengembangan kerja sama dengan Universiti Sains Malaysia. Kerja sama ini meliputi kerja sama akademik, riset dan Knowledge transfer. Tindak lanjut kegiatan ini antara lain pengembangan program knowledge transfer program. Delegasi USM berkunjung ke UNIB pada akhir Agustus 2018. Follow up kegiatan akan diteruskan. Tahun ini, mahasiswa FT UNIB juga dikirim melakukan magang di USM.
https://www.unib.ac.id/2018/08/unib-dan-usm-gelar-fgd-knowledge-transfer-program/

2. Penandatanganan MoU dengan Univ Leiden dan Erasmus di Belanda, terutama dengan School of Law, yang dimotori oleh Fakultas Hukum UNIB.

https://www.unib.ac.id/2018/05/fh-unib-teken-mou-dengan-universitas-di-belanda/

3. Memorandum of Agreement (MoA) dengan Gifu University, Jepang dan Universiti Malaysia Kelantan (UMK). MoA dengan dua universitas berisi perjanjian kerja sama riset antara peneliti dari UNIB dan dua universitas tersebut. Kerja sama penelitian dengan Gifu University dilakukan oleh tim peneliti dari FMIPA yang dimotori oleh Prof Morina Adfa. Sedangkan MoA dengan UMK digerakkan oleh tim peneliti FISIP yang diketuai oleh Dr Titiek Kartika.

4. Kerja sama dengan University of New England, Australia dibangun dengan penandatangan MoU pada tahun 2017. Pada tahun 2018, kerja sama ini diisi dan dikembangkan oleh UNIB, terutama kerja sama riset, yang dimotori oleh Prof Safnil dari FKIP melalui Penelitian Kerja Sama Publikasi Internasional. Kerja sama dengan UNE ini sedang diproses untuk dikembangkan lebih jauh oleh UPT KSLI, FKIP, FMIPA, FISIP dan FEB.

https://www.unib.ac.id/2018/12/unib-tingkatkan-kerjasama-dengan-university-of-new-england/

5. Penandatanganan MoU dengan University of Dundee, UK. Penandatangan ini dilakukan bersama dengan Prof John S Rowan, Vice Principal (Research, Knowledge Transfer and Wider Impact). Dalam pembicaraan lanjutan UPT KSLI dengan pihak DoU direncanakan untuk memulai kemungkinan kerja sama riset dan mobility.

https://www.unib.ac.id/2018/11/unib-menandatangani-mou-dengan-university-of-dundee/

6. Universitas Bengkulu juga menjadi bagian aktif dari University Network (UNINET) Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT). Pada tahun 2018, UNIB menandatangani kesepakatan untuk terlibat aktif dalam 12 aktivitas IMT – GT tahun 2019 – 2020.

https://www.unib.ac.id/2018/09/unib-berpartisipasi-pada-pertemuan-imt-gt-di-melaka/

7. UNIB juga terlibat aktif dalam ASEAN Learning Network (ALN) dan Regional Network on Poverty Eradication (RENPER).

Dosen UNIB yang tertarik menjadi “individual member” ALN dapat melihat informasinya di http://ksli.unib.ac.id/asean-learning-network/ atau kunjungi www.aseanlearningnetwork.org and click on ‘Join Us’.

Terkait RENPER, Dr Ridwan Nurazi, Rektor Universitas Bengkulu menjadi President RENPER Asia saat ini.

https://www.unib.ac.id/2018/10/rektor-pimpin-delegasi-unib-sukseskan-8th-conference-of-renper-di-manila/

8. Penandatanganan MoU dengan Kansas University, US. MoU dengan Kansas University ini diinisiasi dengan kedatangan Prof Teruna Siahaan dari Kansas University yang terlibat dalam kegiatan World Class Professor yang diselenggarakan Ditjen SDID Ristekdikti. Kedatangan Prof T Siahaan difasilitasi LPPM dan kemudian melakukan aktivitas di Prodi Farmasi dan LPPM. Beberapa kegiatan direncanakan untuk mengisi MoU ini.

9. Pengembangan kerja sama dengan Kanagawa University, Jepang. Pengembangan kerja sama ini dilakukan oleh tim Rektorat dan tim FEB UNIB. Proses agreement dengan Kanagawa University masih dalam tahap finalisasi, namun beberapa komitmen telah dicapai. Pihak Kanagawa University antara lain bersedia menerima mahasiswa credit transfer satu semester dari UNIB, dengan free biaya kuliah dan beasiswa dari KU untuk menunjang biaya hidup dan akomodasi. UNIB juga siap menerima mahasiswa KU untuk program singkat.

https://www.unib.ac.id/2018/11/unib-jalin-kerjasama-dengan-kanagawa-university-jepang/

10. Kerja sama dengan Universiti Brunai Darussalam sudah diinisiasi oleh FKIK dan FMIPA. Walaupun belum ada kesepakatan resmi, 2 mahasiswa dari Prodi Fisika sudah dikirimkan dalam program singkat di UBD.

Untuk daftar lengkap LoI, MoU dan MoA Universitas Bengkulu dengan berbagai perguruan tinggi (dalam dan luar negeri), instansi pemerintah dan swasta dapat mengunjungi “Pangkalan Data Kerja Sama” UNIB http://ksli.unib.ac.id/kerjasama-unib/.

Untuk inisiasi, pengembangan dan peningkatan kerja sama unit-unit di UNIB dengan pihak luar dapat berkoordinasi dengan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama dan UPT KSLI UNIB.

@UPT KSLI UNIB