ONLINE SHARING SESSION: Spektrum Luas Kesempatan Studi dan Beasiswa di Taiwan

2 pak dedyCapture

Jumat, 28 Agustus 2020

Kebijakan pemerintah yang responsif diiringi perilaku masyarakat yang melaksanakan protokol kesehatan telah menjadikan Taiwan sebagai salah satu negara yang berhasil memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Ditambah lagi, kuatnya sinergi yang dibangun antara Kementrian Kesehatan, Universitas, dan Lembaga Penelitian di negara Taiwan menjadi perhatian tersendiri terhadap negara ini.

Pada Jumat, 28 Agustus 2020 UPT Kerja Sama dan Layanan Internasional Universitas Bengkulu bersama Taiwan Education Center dan Taiwan Economic and Trade Office mengadakan Online Sharing Session dengan tema: Spektrum Luas Kesempatan Studi dan Beasiswa di Taiwan. Kegiatan ini dipandu oleh Lia sebagai moderator dan Tirta Amerta sebagai narasumber dari Manajer Taiwan Education Center Jakarta. Agenda dikhususkan hanya untuk civitas akademik Universitas Bengkulu.

Narasumber mengupas tuntas perihal studi dan beasiswa di Taiwan, mulai dari sistem, masa studi, syarat umum, cara mendaftar beasiswa, tips mendapatkan beasiswa, syarat khusus hingga situs yang dapat dijadikan sumber informasi utama perihal studi dan beasiswa di Taiwan.

Adapun beasiswa yang dinilai paling bergengsi dan diberikan oleh Pemerintahan Taiwan adalah MOE Taiwan Scholarship. Beasiswa yang terbuka bagi semua jurusan dan seluruh strata ini diyakini hanya mampu didapatkan oleh mahasiswa yang luar biasa. Di samping itu, banyak pula universitas di Taiwan yang menawarkan program beasiswa tersendiri. Info mengenai beasiswa tersebut dapat diakses pada laman universitas tujuan yang diminati oleh para pejuang beasiswa. Terdapat pula beasiswa pendidikan, program magang, dan program lainnya.

Narasumber mengatakan pentingnya menyiapkan CV dan study plan yang bernilai jual tinggi sehingga mampu meyakinkan pihak pemberi beasiswa. Salah satu tips yang juga disebutkan adalah agar pejuang beasiswa sudah sedari dini menghubungi atau mencari academic advisor sebelum mendaftar di universitas tujuan. Hal ini diyakini mampu memberi peluang yang cukup besar untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Pada akhir kegiatan, Kepala UPT Kerja Sama dan Layanan Internasional Universitas Bengkulu, Dr. Eng. Dedi Suryadi, berharap peluang studi dan beasiswa di Taiwan ini mampu dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh civitas akademika Universitas Bengkulu. Diharapkan pula agar pihak Taiwan Education Center turut membantu para pemburu beasiswa di Universitas Bengkulu untuk meraih beasiswa.(SA)