Internship di Thaksin University

WhatsApp Image 2019-07-16 at 10.31.35 AM

Saya Mega Martina Napitupulu mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bengkulu. Saya merupakan peserta International Student Mobility Program 2019 untuk kegiatan Internship. Program yang diselenggarakan oleh UPT Kerja Sama dan Layanan Internasional ini memberikan kesempatan kepada saya untuk merasakan atmosfir belajar di luar negeri, yaitu Thailand.

Di minggu pertama saya tinggal di Songkhla Thailand, saya telah melakukan beragam kegiatan dan belajar banyak hal. Di hari pertama kerja, saya berkenalan dengan Direktur, Jaksa dan pegawai yang ada di Region 9 Office of The Prosecutor. Saya melakukan berbagai pekerjaan seperti membantu melakukan pemberkasan, mensterilkan ruang rapat dan lain sebagainya. Selain itu, saya juga diajarkan mengenai Sistem Peradilan Pidana Thailand, Konvensi Hak-Hak Anak, Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Terhadap Perempuan, dan lain-lain.

WhatsApp Image 2019-07-22 at 10.36.03

Di hari berikutnya, tepatnya di hari libur, saya diajak oleh Ajarn Nok (dosen prodi bahasa inggris) bersama dengan mahasiswi-mahasiswi dari Arizona USA mengunjungi Food Fair di Ko Yo Island. Kami mencicipi beragam makanan tradisional dan melihat langsung cara memasaknya. Selain itu, kami mengendarai sepeda untuk mengunjungi tempat pembuatan kain tradisional Thailand. Kami juga mengunjungi beberapa Kuil, bertemu dengan Biksu dan mempelajari sedikit tentang agama Buddha.

Di hari lainnya, saya diajak oleh Fatin (mahasiswi prodi bahasa inggris Thaksin University) dan beberapa teman-temannya untuk mengunjungi Songkhla Old Town. Di sana saya membantu mereka dalam pembuatan proyek video tentang pelestarian kebudayaan. Saya juga mempelajari sejarah dan perkembangan budaya di Songkhla Old Town. Saya juga melihat spanduk besar bertuliskan Songkhla Declaration 2015 yang terpajang di Office of Songkhla Old Town. Dalam deklarasi pelestarian budaya tersebut, terlibat beberapa delegasi dari Indonesia. Mereka juga ikut menandatangani deklarasi tersebut, diantaranya Rahmat Gino Sea Games (Pemerintah Kota Sawahlunto), Hairul (Badan Warisan Sumatra) dan Johannes Adiyanto (Palembang Heritage).

WhatsApp Image 2019-07-22 at 10.36.02q untitled w

Masih banyak lagi kegiatan yang akan saya laksanakan di minggu-minggu berikutnya. Baru di minggu pertama ini saja saya sudah merasakan betapa besarnya support dan manfaat yang saya dapatkan dari program yang diselenggarakan oleh UPT KSLI UNIB ini. Tunggu cerita-cerita saya berikutnya!