Peluang riset dan kolaborasi dengan mitra di Eropa

Berbagai peluang kerja sama penelitian dengan mitra dari universitas-universitas di Eropa tersedia dengan dukungan dari berbagai lembaga. Salah satu lembaga yang menyediakan informasi terkait peluang kerja sama dengan mitra di Eropa adalah EURAXESS. Lembaga ini memberikan dan menyampaikan informasi dan layanan dukungan bagi para peneliti profesional dalam bernagai level karir mereka. Lembaga ini didukung penuh oleh European Union dan anggota negaranya. Lembaga ini mendukung mobilitas dan pengembangan karir peneliti, dan pada saat yang sama meningkatkan kolaborasi scientific Eropa dengan negara-negara lain. Informasi tentang Euraxess dapat diakses di asean.euraxess.org.

Ada banyak skema yang dapat mendukung mobilitas dan kolaborasi peneliti di negara-negara Eropa dengan negara lainnya. Skema tersebut antara lain DAAD, Erasmus plus, Newton Fund, Marie Skłodowska Curie Actions, Nuffic-Neso dan lainnya. Skema-skema tersebut memungkinkan peneliti dari negara lain bekerjasama dengan peneliti-peneliti di Eropa.

Di bawah ini beberapa bahan pendukung yang dapat dicermati untuk menpersiapkan proposal penelitian serta mencari, menginisiasi dan membangun kolaborasi riset dengan mitra di Eropa:

Tips on How to Prepare a Successful Proposal Final

How to find a european partners

EURAXESS ASEAN Overview

Introduction to Marie Curie Alumni Association SEA Chapter_opt

Marie Skłodowska Curie Actions_opt

Newton Fund Presentation

NUFFIC NESO INDONESIA_opt

Opportunities through DAAD

Research in France