Pendaftaran International Student Mobilty Program 2020

Overview

“International Student Mobility” merupakan program tahunan UPT Kerja Sama dan Layanan Internasional (UPT – KSLI) Universitas Bengkulu. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman internasional kepada mahasiswa UNIB yang memenuhi kriteria dan lolos seleksi untuk mengunjungi dan belajar di Perguruan Tinggi luar negeri yang menjadi mitra UNIB. Hal ini untuk mendukung program internasionalisasi UNIB serta peningkatan kapasitas dan kompetensi mahasiswa. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa akan merasakan atmosfir akademik internasional dan mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat internasional yang berbeda budaya sehingga akan membentuk karakter positif mahasiswa yang lebih baik.

Eligibility

  1. Mahasiswa UNIB aktif, minimal semester 4 dan maksimal semester 8
  2. IPK paling rendah 2,75
  3. Mampu berbahasa Inggris dengan baik
  4. Berbadan sehat
  5. Belum pernah mengikuti program serupa dengan biaya UNIB

Destination Universities

  1. University Malaysia Kelantan
  2. Universiti Sains Malaysia
  3. Universiti Malaya, Malaysia
  4. Universiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia
  5. University College of Yayasan Pahang, Malaysia
  6. Politeknik Nilai, Malaysia
  7. Rajamangala University of Technology Srivijaya, Thailand
  8. Thaksin University, Thailand
  9. Princess of Naradhiwas University, Thailand
  10. Kasetsart University, Thailand
  11. Walailak University, Thailand
  12. University of Battambang, Cambodia
  13. San Beda College, Philippines
  14. Banking University of Ho Chi Minh City, Vietnam
  15. GIFU University, Jepang
  16. Okayama University, Jepang
  17. Nanyang Technological University, Singapore
  18. Ming Chi University of Technology, Taiwan
  19. University of New England, Australia
  20. University of Dundee, UK
  21. Srivenkateswara University, India
  22. Amity University Haryana, India
  23. Forman Christian College, Pakistan

Programs

Program yang dapat dilakukan dalam kegiatan ini adalah credit transfer, internship, research, community service, short-term study atau cultural exchange

— Credit Transfer

Credit transfer (program perkuliahan) ditujukan bagi mahasiswa UNIB yang ingin mengambil mata kuliah dan mengikuti proses pembelajaran/perkuliahan di universitas lura negeri yang memiliki MoU dengan UNIB.

— Internship

Internship (program magang atau kerja/praktik lapangan) ditujukan bagi mahasiswa UNIB yang memiliki mata kuliah magang/kerja lapangan/kerja praktik/PPL/PKL.

— Research

Research (program penelitian) ditujukan mahasiswa UNIB yang ingin melakukan penelitian di universitas luar negeri untuk menyelesaikan tugas akhir/skripsi.

— Community Services

Community services (Kuliah Kerja Nyata/KKN) adalah kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat yang disetarakan dengan KKN reguler UNIB, atau disebut juga KKN Internasional.

— Short-term study

Short-term study ditujukan untuk mahasiswa UNIB yang ingin mengikuti perkuliahan singkat, misalnya mengikuti short-course, atau mengikuti pembelajaran yang disepakati bersama dengan universitas tujuan.

— Cultural Exchange

Cultural exchange (Program pertukaran budaya) ditujukan bagi mahasiswa UNIB yang memiliki kemampuan dan keterampilan seni budaya Indonesia, berupa tari tradisional, instrumen musik tradisional, seni suara lagu-lagu tradisional dan teater cerita tradisional yang dapat ditampilkan di depan khalayak umum.

Registration

  1. Peserta melakukan registrasi online pada halaman: ly/studentmobilityprogram2020
  2. Form registrasi yang sudah diisi secara online dicetak (print) sebelum di-submit.
  3. Download dan isi formulir pada “file download” sesuai dengan program yang akan dipilih. File tersebut dapat di-download di http://bit.ly/filedownloadstudentmobility2020.
  4. Form ditandatangani sesuai dengan yang diminta pada form masing-masing, yakni peserta, orang tua/wali, dan pejabat yang berwenang.
  5. Berkas pendaftaran yang terdiri dari form pendaftaran online, fotokopi KTM, fotokopi transkrip nilai, fotokopi skor TOEFL, surat keterangan sehat dari dokter, serta sertifikat prestasi (jika ada) dan beberapa borang (sesuai program yang akan diambil) ke UPT KSLI sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Important Dates

  1. Pendaftaran dan pengumpulan berkas: 24 Februari – 13 Maret 2020
  2. Seleksi berkas: 16 – 27 Maret 2020
  3. Wawancara: 6 – 10 April 2020
  4. Pengumuman akhir: 20 April 2020

Financial Support (Scholarship)

Mahasiswa yang terpilih untuk mendapatkan beasiswa akan mendapatkan fasilitas berupa tiket PPasuransi dan bantuan biaya hidup selama program. Sebanyak 20 orang direncanakan mendapatkan beasiswa ini.

Namun, mahasiswa dapat memilih pembiayaan secara Self Funded (Mandiri). Jika memilih Self Funded, maka hasil akhir akan ditentukan dari penilaian kesiapan mahasiswa untuk melaksanakan program.

Contacts

Pertanyaan lebih jauh dapat ditanyakan langsung ke Kantor UPT KSLI di Gedung Rektorat Universitas Bengkulu, atau melalui saluran di bawah:

  1. Facebook page:  Office of Partnership and International Affairs, University of Bengkulu
  2. Email: international@unib.ac.id
  3. Telepon: 0736 – 21170 ext. 190
  4. Faizal: 082280274117
  5. Naga: 085709739366

Poster dapat di-download di SINI

@UPT KSLI UNIB 2020