Ummu Salamah : “Sungguh Pengalamanan yang Sangat Menyenangkan Mendapatkan Kesempatan Magang di Luar Negeri”

5Program pertukaran mahasiswa ke Luar Negeri merupakan salah satu program Unggulan UPT KSLI (Kerja Sama dan Layanan Internasional) Universitas Bengkulu. Antusiasme mahasiswa Universitas Bengkulu untuk mengikuti program ini terus meningkat dari tahun ketahun, hal ini selaras dengan target kinerja Rektor Universitas Bengkulu dalam mencapai Visi Unib, menjadi Universitas kelas dunia tahun 2025.

Tahun ini UPT KSLI mengirimkan 27 mahasiswa ke luar negeri.  Salah satu mahasiswa Universitas Bengkulu yang berhasil lolos dan mengabil program magang di Thaksin Universitybernama “Ummu Salamah”. mahasiswi Fakultas Hukum ini menceritakan pengalamannya kepada Unib.

Ia ditempatkan magang di Public Presecutor Region 9 Songkhla (kantor kejaksaan setempat). “Kami diantar dan didampingi oleh Pak Gotty. Pak Gotty adalah Dosen Fakultas Hukum Thaksin University, Ia merupakan penanggung jawab magang kami disini (Thailand). Ia pula yang mengajarkan bagaimana menggunakan transportasi “tuk-tuk”  menuju tempat magang” ungkap Ummu.

Lebih Lanjut mahasiswi berhijab ini menceritakan sejumlah pengalamannya mengikuti aktivitas para Jaksa di persidangan pengadilan setempat.

Aktivitas saya disana salah satunya adalah bersama para Jaksa mengikuti persidangan di kantor pengadilan. Ini merupakan pengalaman yang luar biasa, karena melihat secara langsung proses beracara di Thailand. Kami menyaksikan bagaimana proses beracara kasus Narkoba, Pembunuhan dan lain-lain, saya dapat mengkomparasikannya  dengan proses beracara di Indonesia. Sayangnya, disana prosedur pengadilan di Thailand tidak memperbolehkan saya mengabadikan foto, jadi saya tidak bisa membaginya ke teman-teman”.3

4Saat ditanya apa saja yang Ia lakukan di tempat mereka  magang dan bagaimana rasanya magang di luar Negeri. Ummu pun  menceritakannya dengan penuh semangat.

“Disaat tidak mengikuti persidangan, saya mempelajari dokumen-dokumen di kantor bersama para pengacara yang bekerja dikantor kami yakni Pi Jane, Pi Tom dan Pi Mood. Mereka sangat welcome, begitu ramah kepada kami dan orang-orang disana sangat ramah dan baik menerima kami.

 

“Semua hal yang dilakukan disini sangat menyenangkan. Sungguh pengalamanan yang sangat menyenangkan mendapatkan kesempatan study exchange ke Thailand khususnya di Thaksin University dan di Public Presecutor Region 9 Songkhla”. (us dan nt)