UNIB mendukung pengembangan kerja sama Bengkulu – India

IMG_2537IMG_2535 IMG_2550 IMG_2563 IMG_2585 IMG_2590

Dalam beberapa hari terakhir Pemprov Bengkulu didatangi rombongan delegasi dari India. Setidaknya ada 37 anggota delegasi, terutama dari pihak swasta dan juga dunia pendidikan dari beberapa kota di India datang ke Bengkulu. Mereka datang atas undangan Gubernur Bengkulu dan juga menindaklanjuti kunjungan Gubernur Bengkulu ke India bulan lalu

Delegasi ini terdiri dari investor yang bergerak di bidang manufaktur, transportasi laut, perkebunan, energi, teknologi serta pendidikan dan kesehatan, termasuk pengeloaan rumah sakit. Para pihak dari India tersebut melakukan pertemuan dengan berbagai pihak di Bengkulu.

Pada Jumat, 16 Agustus, sebagian delegasi tersebut berkunjung ke Universitas Bengkulu. Kunjungan ini diterima oleh Rektor bersama Wakil Rektor, para Dekan, Ketua Lembaga, UPT KSLI dan lainnya. Beberapa hal dibicarakan dalam pertemuan ini. Pihak India berdiskusi tentang potensi Bengkulu dan juga hal lainnya. Dalam rombongan tersebut ada dari sektor pendidikan, yakni FH Medical College and Hospital yang berbasis di Agra India. Mereka berbicara tentang pengelolaan rumah sakit. Di samping itu mereka memberikan kuliah umum terkait Health Sciences and Hospital Management bersama dosen dan mahasiswa FKIK.

Pada Minggu, 19 Agustus pertemuan dilanjutkan di Gedung Daerah. Setelah mendengarkan paparan dari Gubernur Bengkulu, para pihak di Bengkulu mengadakan pertemuan kecil dengan delegasi India. Wakil Rektor BIdang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr Ardilafiza, dan Kepala KSLI UNIB berdiskusi lebih jauh terkait pendidikan, terutama pendidikan kesehatan. Dalam kesempatan yang sama pihak FH Medical College and Hospital Agra India berdiskusi panjang lebar dengan RSUD M Yunus dan Dinas Kesehatan.

Pada sore hari, KSLI UNIB memfasilitasi pertemuan antara Fakultas Teknik UNIB dengan DYCAM, sebuah perusahaan teknologi India yang bergerak di bidang artificial Intelligence, computer sofware, internet of things dan neural networks. Wakil Dekan Bidang Akademik FT, Dr Gusta Gunawan dan Dr Novalio Daratha dari Teknik Elektro bersama Kepala KSLI UNIB hadir dalam pertemuan tersebut. Dalam pertemuan ini dibicarakan peluang pengembangan Centre of Excellent utk Artificial Intelligence dengan berbasis three parties: University – Government – Private Sectors. Fakultas Teknik akan membahas lebih jauh terkait ini.