Mahasiswa UNIB menjalani program pertukaran pelajar di beberapa negara

Dua puluh tujuh (27) orang mahasiswa Universitas Bengkulu mengikuti program pertukaran mahasiswa tahun 2018 ke berbagai negara. Kegiatan ini diberi tajuk “University of Bengkulu Student Mobility Program 2018”.¬†Sembilan belas mahasiswa telah menyelesaikan program pertukaran mahasiswa 2018 di Thailand, Malaysia dan Kamboja. Mereka telah menyelesaikan program KKN internasional dan internship (magang) selama 1 bulan.¬†Empat orang saat ini sedang menjalankan program cultural camp di Taiwan dan empat orang lagi akan diberangkatkan ke Jepang, Singapura dan Malaysia.

Pelepasan

Acara pelepasan Student Mobility Program 2018 oleh Rektor Universitas Bengkulu

Mahasiswa yang telah melaksanakan program diantaranya Sukai Adibi (FKIP), Nadya Aprilianti (FKIK), Tita Rahmasari (FEB), Riki Afriansyah (FP) dan Jihadatul Kholilah (FKIK), di University of Battambang, Cambodia. Sedangkan Afredy Anugra (FISIP), Indah Septirisani (FISIP), Ariba Ayu Wardana (FT), Vidya Alvionita (FKIK) dan Azmi Nawaliya (FKIK) melaksanakan programnya di University Malaysia Kelantan. Para mahasiswa tersebut melaksanakan program KKN Internasional.

UMKUBB

Foto mahasiswa KKN Internasional di Universiti Malaysia Kelantan (kiri) dan University of Battambang Cambodia (kanan)

Selain itu, terdapat beberapa mahasiswa yang telah melaksanakan program magang (internship), yakni Lenti Valentina (FP), Yosi Anggraini (FP), Rohsinarni Saragih (FP), Idayatti (FP), Loise Yesika Saragih (FP), Candra Riski Sitanggang (FP). Mereka melaksanakan untuk Internship di Rajamangala University of Technology Srivijaya, Thailand. Dua mahasiswa lainnya, yakni Ummu Salamah (FH) dan Peran Saputra (FH) telah melaksanakan internship di Thaksin University, Thailand.

RMUSTVTSU

Foto mahasiswa magang di Rajamanggala University of Technology dan Thaksin University di Thailand

Para mahasiswa tersebut telah melaksanakan kegiatan dengan lancar sesuai dengan programnya di masing-masing tempat. Tidak ada kendala secara signifikan dalam menjalankan program dan telah kembali dengan selamat ke Universitas Bengkulu untuk melanjutkan kuliah.

Saat ini 4 mahasiswa juga sedang melaksanakan program Language and Cultural Camp di Ming Chi University of Technology Taiwan. Mereka adalah Aisyah Nooravieta Setiawan (FMIPA), Mukti Trio Putra (FEB), Bella Salsabila (FEB) dan Rika Permata Sari (FEB).

MCUT

Foto mahasiswa Universitas Bengkulu yang mengikuti Language and Cultural Camp di Ming Chi University of Technology, Taiwan

Masih terdapat 4 mahasiswa dengan 3 tujuan negera lagi yang akan menjalankan program. Mahasiswa tersebut yakni Sharinna Raini Martial (FEB) program Kredit Transfer di Universitas Malaysia Kelantan, Novriannsyah (FT) program internship di Universiti Sains Malaysia, Liana Wahyuni (FMIPA) program research internship di Okayama University Jepang dan Basta Nius Zega (FMIPA) program research internship di Nanyang Technological University (NTU) Singapura. Mereka akan segera diberangkatkan dengan jadwal yang telah ditentukan.

Skema pendanaan kegiatan ini adalah pendanaan penuh (fully funded) dan pendanaan sebagian (partially funded). Di samping pendanaan penuh untuk mahasiswa terseleksi dari universitas melalui UPT KSLI, 3 orang mahasiswa FKIK mendapatkan bantuan pendanaan penuh dari anggaran FKIK. Beberapa mahasiswa ada yang mendapatkan bantuan komponen pendanaan seperti asuransi dan pengurusan visa. UPT KSLI merencanakan bahwa kedepan akan lebih banyak lagi mahasiswa yang mengikuti program pertukaran mahasiswa. Universitas tujuan dan program-programnya juga akan lebih banyak lagi.

(Narrative prepared by Rika H).