Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Sambut Dua Mahasiswa Gifu University, Jepang

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Sambut Dua Mahasiswa Gifu University, Jepang

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Ir. Widodo, M.Sc., Ph.D., pada hari Jum’at, 5 September 2014 menyambut dua mahasiswa pascasarjana dari Gifu University, Jepang, yang akan menjalani studi di Unib. Turut hadir dalam penyambutan ini Kepala UPT Kerjasama dan Layanan Internasional (UPT KSLI), Heri Dwi Putranto, Ph.D., dan Dr. Morina Adfa, selaku supervisor kedua mahasiswa tersebut selama 1 bulan berada di Unib.

Kedua mahasiswa tersebut yang bernama Takaya Nakagawa dan Koyama Masami, datang ke Unib dalam rangka kegiatan pertukaran mahasiswa antara Unib dan Gifu University. Koyama Masami adalah mahasiswa Biomolecular Science sedangkan Takaya Nakagawa adalah mahasiswa Material Engineering. Selama di Bengkulu mereka akan melakukan studi dan kolaborasi penelitian bersama di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unib. Selain itu mereka juga akan mengikuti kegiatan perkuliahan bersama mahasiswa FMIPA.

Prof. Widodo menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung dengan Universitas Bengkulu kepada kedua mahasiswa tersebut dan berharap mereka akan menikmati masa-masa selama berada di Bengkulu dan mengambil manfaat sebesar-besarnya dari program mereka di Unib.

Setelah pertemuan dengan Wakil Rektor, Takaya dan Koyama dibawa ke FMIPA untuk menmperkenalkan lingkungan dimana program mereka selama di Unib akan dijalankan. Kegiatan ini secara rutin diselenggarakan untuk memperkuat kerjasama dan persahabatan diantara kedua institusi. Fakultas MIPA Unib dan Gifu University sudah beberapa kali saling mengirimkan mahasiswa sehingga bisa terjadi transfer of knowledge yang dapat menguntungkan kedua pihak.

Salah seorang mahasiswa Unib, Riski Rahmad, sudah pernah mewakili Unib melakukan studi di Gifu University selama 2 bulan. Dan tahun ini, Dr. Morina Adfa, salah seorang dosen FMIPA Unib akan berkunjung selama 3 bulan ke Gifu University yang menerima beasiswa postdoctoral yang disponsori oleh JASSO.

Leave a Reply